Sel08222017

Last update04:53:29 AM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Home BARUGA BARUGA Keagamaan Pengucapan Syukur Panen Buah Didesa Malei

Pengucapan Syukur Panen Buah Didesa Malei

alt
alt
  • Sebelumnya
  • 1 of 2
  • Selanjutnya

Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu menghadiri kegiatan Pengucapan Syukur Panen Buah Didesa Mali, Kecamatan Lage, Kabupaten Poso pada Sabtu, (15/7/17).

Dalam sambutannya atas nama Majelis Sinode Sulteng ibu Pdt. M. Lolo Botilangi STh mengambil Dasar dari pengucapan syukur buah dari (Roma 9:1oleh5-16) Berbunyi : Pasal15"sebab ia berfirman kepada musa: "Aku akan menaruh belas kasihan kepada siapa aku mau menaruh belas kasihan dan aku mau bermurah hati kepada siapa aku mau bermurah hati.* Pasal16"jadi hal itu tidak tergantung pada kehendak orang atau usaha orang, tetapi kepada kemurahan hati Allah. Oleh sebab itu Patutlah kita mengucap syukur karna kemurahan Tuhan itu dalam hal inilah kita diajar untuk bermurah hati, saling berbagi dalam ucapan syukur terlebih untuk mempermuliakan Nama Tuhan Sendiri.

Sejenak menelusuri awal mula Padungku Buah ini dari salah seorang warga desa malei bermula dari inisiatif warga masyarakat Desa Malei pada Tahun 2010 warga yang telah kembali pulang ke kampung halaman paska konflik berjumlah 10 KK didorong oleh keinginan mereka mengembalikan situasi kekeluargaan dan kembali kondusif maka dibuatlah untuk pertama kali padungku buah dibaruga desa malei bertepatan waktu itu semua buah buahan berbuah dengan baik.

Semenjak itu padungku buah selalu diadakan setiap Tahunnya sampai sekarang walau agak sedikit berbeda sebab hanya diadakan lewat Ibadah ucapan syukur digereja bukan dirumah rumah seperti padungku umumnya.

Padungku Buah ini hanya ada di Desa Malei sebab tidak semua desa di kab. poso melakukannya dan Melalui moment ini para warga memberikan buah terbaik dari hasil kebunnya untuk diberikan sebagai tanda Ucapan Syukur atas kemurahan Tuhan dalam hidup mereka. Buah-buah ini di lelang kepada jemaat yang hadir dan dana yang terkumpul dapat disumbangkan untuk pembangunan rumah ibadah. Tahun ini hasil panen buah yang berhasil di Kecamatan ini adalah nenas, pisang, duriang, rambutan, duku, langsat, manggis.

Bupati Poso Darmin Agustinus sigilipu Sangat mengapresiasi acara padungku buah ini sebab beliau untuk pertama kalinya menghadiri ucapan syukur buah atau padungku buah dalam sambutannya beliau mengatakan dengan adanya padungku buah ini beliau mengharapkan terjalin silahturahim antara semua warga masyarakat dalam suasana keakraban sehingga dapat tercipta kabupaten poso yang damai adil dan sejahtera.

Hadir pada kesempatan itu Unsur Tripika kecamatan Lage, Anggota Dewan Ibu Mambe, Kadis Sosial, Kadis ketahanan pangan, Steven Lianto, Misionari dari Belanda, Mark dan istri serta para undangan lainnya.

Pada kesempatan yang sama Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu mengajak Misionaris dari Belanda ke Makam DR. Adraiana ke pekuburan Cina Kelurahan Lawanga.