Sel08222017

Last update04:53:29 AM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Home BARUGA BARUGA Keagamaan Utsawa Dharma Gita 2017 di Desa Meko

Utsawa Dharma Gita 2017 di Desa Meko

alt
alt
  • Sebelumnya
  • 1 of 2
  • Selanjutnya

Bupati Poso diwakili oleh Asisten  Pemerintahan dan Kesra, M. Ari Pamungkas, SH, MH, membuka secara resmi Utsawa Dharma Gita 2017 di Desa Meko Kecamatan Pamona Barat Kabupaten Poso pada Jumat  (14/7/17).

Sekilas tentang Utsawa Dharma gita adalah salah satu kegiatan dalam Agama Hindu yakni Lomba Seni baca Kitab Suci Weda. Kitab Suci yang merupakan tuntunan dalam menggapai suksesnya kehidupan. Teks yang bersumber dari Kitab Suci Weda mengandung nilai spiritual, etika dan estetika yang sangat tinggi berguna memberi tuntunan dalam memahami Agama Hindu mulai dari aspek ketakwaan, susila, maupun acara ( upakara).


Sedangkan Dharma Gita sebagai nyanyian suci keagamaan Hindu memiliki peranan sangat penting bagi pembinaan, pemahaman, penghayatan dan pengamalan ajaran Agama Hindu. Penyajian yang dijalin dalam bentuk nyanyian suci keagamaan dengan irama lagu yang melankolis sangat Membantu menciptakan suasana hening, hikmat dan suci.


Utsawa Dharma Gita adalah merupakan wahana untuk menjaring Duta yang akan dilombakan ke tingkat Propinsi. Kegiatan ini diharapkan menjadi ajang pembuktian kemampuan olah seni suara dan retorika dari para utusan seluruh Rayon yang ada di Kabupaten Poso. tema yang diangkat kali ini adalah "Melalui Kegiatan Utsawa Dharma Gita (Udg) Tahun 2017 Kita Wujudkan Kabupaten Poso Yang Damai, Adil, Sejahtera, Yang Di Dukung Sumber Daya Manusia Yang Andal Dan Bermartabat Berlandaskan Kitab Suci Weda".


Kegiatan ini berlangsung 3 (tiga) hari dan diikuti oleh 4 Rayon, Poso Pesisir Utara, Poso Pesisir Selatan, Pamona Bersaudara, dan Lore Bersaudara. Total  jumlah peserta kegiatan 450 orang, ditambah official, pendamping, dan penggembira.


Mewakili Bupati Poso Asisten Pemerintahan dan Kesra (ASS I)  M. Ari Pamungkas, SH, MH membacakan sambutan Bupati Poso. Dalam sambutannya Bupati Poso sangat merespon dan mendukung kegiatan keagamaan dalam upaya pembinaan umat dan peningkatan sumber daya manusia.
Bupati mendorong masyarakat Hindu Poso untuk lebih kreatif dan antusias dlm memberikan yg terbaik bagi daerah Kabupaten Poso. Sebab kebhinekaan, pluralisme, keragaman suku, budaya, agama adalah potensi besar bagi bangsa dalam sumbangsihnya terhadap pembangunan dan kemajuan daerahnya.


Turut hadir pada acara tersebut Anggota Dewan Kab. Poso Bpk. Dewa Nyoman Aribowo ibu Shinta Kalahe, ketua PHDI Kab. Poso, Unsur Tripika Kecamatan, Kades sepamona Barat, para Pinandita se Pamona Barat, tokoh Masyarakat, dan Tokoh Adat, Para Kontingen dan warga desa setempat.