Sel08222017

Last update04:53:29 AM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Home BARUGA BARUGA Keagamaan Halal Bi Halal 1438 Hijriah Pemerintah Daerah Kabupaten Poso

Halal Bi Halal 1438 Hijriah Pemerintah Daerah Kabupaten Poso

alt

Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri,M.Si menghadiri acara Halal Bi Halal 1438 Hijriah Pemerintah Daerah Kabupaten Poso bekerja sama dengan PHBI dan Kementerian Agama Kabupaten Poso bertempat di Gedung Torulemba Rumah Jabatan Bupati Poso, selasa, 11/07/17. Hadir dalam kegiatan tersebut Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Poso, Rektor Unsimar Poso Kisman Lantang, SE, M.Si, segenap Anggota DPRD Kabupaten Poso, Danyon 714 Poso, para Kepala OPD Kabupaten Poso,Ketua MUI Kabupaten Poso Arifin Tuamaka, Ketua PHBI Kabupaten Poso Atmajaya Marjun, S.Sos, MM, Ketua KPU Kabupaten Poso, BUMN/BUMD, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Perempuan, dan seluruh PNS dilingkungan Pemda Kabupaten Poso dan Kementerian Agama Kabupaten Poso serta undangan lainnya.

Dalam sambutan Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si menyampaikan berhalal bi halal artinya bermaaf-maafan kepada sesama umat manusia agar dosa dan kesalahan kita diampuni oleh Allah SWT, karena dosa kepada sesama manusia hanya dapat terhapus melalui permintaan maaf dengan sesama yang bersangkutan (Habluminannas/hubungan sesama manusia) dan menjadi sarana yang tepat untuk melangsungkan silaturahim saling memaafkan antara yang satu dengan lainnya. Ir. Samsuri, M.Si juga katakan bahwa melalui halal bi halal dapat memberikan ruang dan kesempatan bagi seluruh masyarakat untuk bertemu bahkan dapat berkomunikasi dengan para pimpinannya, sehingga momen halal bi halal menciptakan kedekatan masyarakat dengan para pemimpinnya karena pemimpin bukanlah raja yang harus dilayani dengan sebaik-baiknya melainkan pemimpin adalah pelayan dan pengayom masyarakat menuju terciptanya kedamaian, keadilan dan kesejahteraan seluruh masyarakat kabupaten poso. Diakhir sambutannya Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M SI mengatakan kebersamaan dan toleransi yang terbangun kuat antara satu pemeluk agama dengan pemeluk agama lainnya sehingga momen keagamaan berlangsung dan berjalan dengan baik, damai dan penuh khusyu di daerah yang kita cintai ini.

Sementara Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Poso dalam sambutannya yang dibacakan langsung Drs. Hi. Wawa Suriyatna, M.Hi mengatakan halal bi halal bagi kita bangsa indonesia khususnya adalah merupakan tradisi yang diwariskan oleh para pendahulu kita yang digali dari bumi pertiwi, meskipun acara semacam ini termasuk hanya tradisi semata akan tetapi yang jelas manfaat dan maslahatnya lebih besar, maka hal itu agama tidak melarangnya, dan bertujuan agar tercipta ukhuwwah islamiyah, wathoniyah, ukhuwah basyariah dan ukhuwah wathoniyah, terjalin persaudaraan yang lebih akrab diantara sesama kita dan dilingkungan sekitar kita. Hi. Wawa Suriyatna juga katakan rasa sakit hati yang pernah timbul umpamanya, akan musnah kalau kita saling mengikhlaskan dan melupakan keikhlafan dimasa lalu dan akan lebih baik lagi apabila diiringi dengan acara saling berjabatan tangan. Sementara itu dalam hikmah halal bi halal yang disampaikan Pimpinan Pondok Pesantren Modern Ithihadul Umah Gontor 13 Ustad Cecep Sobarahmat mengatakan mengilas esensi halal bi halal intinya adalah minta maaf, memaafkan dan silaturahmi. //ca’/pul