Rab10182017

Last update12:46:39 AM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Home BARUGA BARUGA Keagamaan kunjungan keagamaan Safari Nyepi Tahun Baru Caka 1939/2017

kunjungan keagamaan Safari Nyepi Tahun Baru Caka 1939/2017

alt
alt
  • Sebelumnya
  • 1 of 2
  • Selanjutnya

 Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si menghadiri acara sekaligus kunjungan keagamaan dalam rangka Safari Nyepi Pemerintah Daerah Kabupaten Poso Tahun Baru Caka 1939/2017 Simakrama Pemerintah Daerah bersama Umat Hindu bertempat di gedung Pasraman Indraprastha Desa Padalembara Kec. Poso Pesisir Selatan, Jumat, 17/3/2017.
  Hadir dalam kegiatan tersebut, Para pejabat dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Poso, Para Anggota DPRD Kabupaten Poso, Dansub Den POM 1322 Poso Lettu. I Gusti Nyoman Darmayasa, Unsur Tripika Kecamatan Poso Pesisir Selatan, Ketua PHDI Kabupaten Poso I Kadek Gunata, Kepala Desa Padalembara I Ketut Sunalis Muadi, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan seluruh warga masyarakat Desa Padalembara.
  Laporan pelaksana kegiatan oleh Kepala Bagian Kesra Setdakab Poso Drs. Hi. Mohammad Yunus, M.Pd mengatakan Pemerintah Daerah Kabupaten Poso senantiasa memprogramkan kegiatan keagamaan salah satunya safari nyepi dengan menfasilitasi saudara-saudara kita yang beragama hindu untuk melaksanakan keagamaannya agar masyarakat umat hindu terus meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, agar diantara kita semua tetap terjalin hubungan silaturahmi yang kuat sesuai dengan tema safari nyepi "memperkuat tolerasi kebinekaan, berbangsa dan bernegara untuk mewujudkan poso cerdas".
Sementara itu Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si dalam sambutannya menyampaikan selamat merayakan hari raya nyepi kepada seluruh masyarakat hindu kabupaten poso khusunya desa padalembara semoga makna nyepi tahun 2017 menjadi motivasi untuk lebih meningkatkan ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta selalu berbuat baik kepada sesama mahluk ciptaan Tuhan.
  Lanjut Wakil bupati Poso Ir. Samsuri,M.Si juga mengatakan masyarakat desa Padalembara sebagian besar menganut agama hindu, namun agama-agama lain seperti islam, kristen dan sebagainya dapat hidup rukun berdampingan, desa padalembara juga memiliki rasa toleransi dan tenggangrasa yang kuat tentu hal seperti ini menjadi harapan kita bersama untuk dipertahankan bahkan lebih ditingkatkan guna mewujudkan cita-cita dan hakekat hidup di dunia yang hanya sementara.
  Diakhir sambutannya Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si mengatakan makna nyepi sebagai proses intropeksi diri bagi manusia didalam mendekati kesempurnaan jiwa yang lapang menuju nirwana yang tinggi dan melalui nyepi kita berusaha mensucikan diri dari amarah dan durjana yang selalu menyelimuti relung hati manusia yang tidak berdaya selain adanya pertolongan dari Tuhan, olehnya masyarakat hindu poso tentunya telah bermawas diri menyikapi makna nyepi untuk hidup lebih baik dan bermartabat dimata Tuhan serta dimata umat manusia.