Sel08222017

Last update04:53:29 AM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Home BARUGA BARUGA Ekonomi dan Keuangan Peringatan Hari Ulang Tahun Koperasi Nasional ke-70 tahun 2017

Peringatan Hari Ulang Tahun Koperasi Nasional ke-70 tahun 2017

alt
alt
  • Sebelumnya
  • 1 of 2
  • Selanjutnya

Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si menghadiri acara Peringatan Hari Ulang Tahun Koperasi Nasional ke-70 tahun 2017 tingkat kabupaten poso bertempat di gedung PGRI poso, kamis, 26/07/17. Hadir dalam acara peringatan tersebut Dandim.1307 poso Dody Triyohadi, S.Sos, Rektor Unsimar Poso Kisman Lantang, SE, M.Si, Ketua Tim Penggerak PPK kabupaten Poso, Kepala Kantor BNN Kabupaten Poso Max Tungka, Para Kepala OPD kabupaten poso, Ketua KPUD kabupaten poso Taufik Hidayat, Pimpinan BUMN/BUMD, Para camat se kabupaten poso, Para anggota koperasi serta masyarakat koperasi daerah kabupaten poso.

Wakil Bupati Poso dalam sambutannya menyampaikan melalui HUT koperasi ke-70 diharapkan dapat menjadi motivasi bagi kita semua khususnya masyarakat koperasi di daerah ini untuk terus memacu kreativitas dan daya saing koperasi daerah agar dapat berkontribusi lebih besar lagi bagi perkembangan perekonomian serta mendorong peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat sintuwu maroso yang kita cintai. Ir. Samsuri, M.Si juga katakan bahwa momentum HUT koperasi yang dirayakan saat ini jangan hanya menjadi kegiatan seremonial tanpa meninggalkan kesan dan pesan yang positif bagi kemajuan koperasi, oleh karena itu khususnya masyarakat koperasi kabupaten poso untuk lebih mencintai koperasi sebagai salah satu lembaga perekonomian bersama yang harus kita sokong dan dukung bersama mulai dari wilayah desa terpencil sampai pada daerah perkotaan. Diakhir sambutannya Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si mengharapkan bagi instansi terkait yang mengurus koperasi dan lembaga ekonomi masyarakat kecil dan menengah lainnya agar dapat memberikan fasilitas yang memadai kepada usaha-usaha kerakyatan yang dapat menunjang ekonomi pedesaan dan daerah dan fasilitas yang diberikan tentunya tidak selalu dalam bentuk uang atau materi, tetapi dapat juga diberikan fasilitas pelatihan dan pengembangan usaha makro sehingga hasilnya dapat dirasakan dimasa yang akan datang.

Sementara ditempat yang sama kepala dinas koperasi, UMKM dan perdagangan kabupaten poso P. Rama Tandawuya, SE, M.Si dalam sambutannya mengatakan bahwa salah satu hal yang mendasar yang dihadapi koperasi dan usaha mikro kecil dan menengah di kabupaten poso adalah terbatasnya akses koperasi dan UMKM kepada sumber daya produktif, seperti permodalan, teknologi, informasi dan pasar serta rendahnya ketersediaan dana untuk modal kerja atau investasi, hal ini disebabkan koperasi dan UMKM sulit untuk ditingkatkan kapasitas usahanya sehingga sulit mengembangkan produk yang berdaya saing dan yang paling urgen adalah rendahnya daya beli masyarakat. Untuk mengatasi masalah tersebut P. Rama Tandawuya, SE, M.Si mengatakan selaku pembina koperasi kabupaten poso berupayah keras dan mengambil langkah-langkah kebijakan yaitu memberikan pembinaan dan pendampingan untuk memberdayakan koperasi dan menumbuhkembangkan wirausaha baru dan kegiatan lainnya dalam pemberdayaan ekonomi kerakyatan sesuai dengan arah kebijakan pemerintah kabupaten poso yaitu mengembangkan ekonomi kerakyatan yang berbasis pada agribisnis menuju agroindustri, meningkatkan SDM, mengembangkan infrastruktur dasar dan mengelolah SDA secara berkelanjutan, mendorong perikehidupan yang tertib, demokratis dan sadar hukum serta mewujudkan kepemerintahan yang baik dan mensejahterakan rakyat. Dalam peringatan HUT koperasi nasional ke-70 tahun 2017 di kabupaten poso dari Dinas Koperasi, UMKM dan perdagangan kabupaten poso mengadakan lomba penilaian beberapa jenis koperasi berprestasi tingkat kabupaten poso dengan jenis koperasi simpan pinjam terbaik I diraih oleh KSP Partha Graha desa tambarana, terbaik II dari koperasi syariah BMT 72 amanah kelurahan kawua, terbaik III KSU dirgantara kelurahan kasiguncu, jenis koperasi konsumsi terbaik I diraih oleh KSU kartika sintuwu kelurahan kasintuwu, terbaik II KSU kartika sintuwu maroso kelurahan ranononcu, terbaik III Kopwan An-Nisa kelurahan bonesompe, jenis koperasi produsen terbaik I diraih oleh Koptan martasari dari desa toinasa, terbaik II KSU udyanasari desa tambarana, terbaik III KSU britani sejahtera desa salukaiya, jenis koperasi jasa terbaik I KPN kesehatan Jln. P. Kalimantan Kel. Gebangrejo, terbaik.II KPN Ikhtiar kelurahan gebangrejo, terbaik III KPN karya bersama kelurahan tagolu dan jenis koperasi industri terbaik I diraih oleh koperasi produsen tani green fresh kelurahan sawidago, terbaik II KSU poso energy sejahtera desa sulewana dan terbaik III KOPINKRA soragaya kelurahan ranononcu, sementara lomba cerdas cermat koperasi juara I diraih oleh KSP partha graha desa tambarana, juara II Kopsyah BMT-72 amanah kelurahan kawua, Juara III koperasi unsimar sejahtera dari poso kota, juara IV Kopwan Gloria desa tangkura, juara V Kopwan An-Nisa kelurahan bonesompe dan juara VI koperasi sejahtera utama kelurahan kawua.

Dalam laporan ketua panitia Merry CH. Nggau, SE menyampaikan, adapun maksud dan tujuan pelaksanaan peringatan HUT Koperasi ke-70 di kabupaten poso tahun ini adalah untuk lebih memungkinkan pemahaman dan kesadaran berkoperasi bagi masyarakat gerakan koperasi serta generasi muda di kabupaten poso sehingga pelaksanaan tersebut dapat menumbuh kembangkan minat masyarakat untuk berkoperasi, meningkatkan kemampuan gerakan berkoperasi dalam mengelola usaha sehingga kedepannya semakin baik, benar dan berkembang dalam mendukung visi misi Bupati Poso yang menempatkan koperasi UMKM sebagai basis ekonomi kerakyatan, untuk menuju kota poso yang cerdas. //ca’/pul