Sel08222017

Last update04:53:29 AM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Home BARUGA BARUGA Ekonomi dan Keuangan Langkah Strategis TEPPA Optimalkan Pengawasan Internal

Langkah Strategis TEPPA Optimalkan Pengawasan Internal

Jakarta, InfoPublik - Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) melihat langkah strategis Tim Evaluasi Pengawasan Penyerahan Anggaran (TEPPA) mampu mengoptimalkan fungsi dan peran aparat negara pengawasan internal di pusat dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 194 Tahun 2014.

“Peran Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP)  tak hanya perencanaan, tetapi juga agar dilaksanakan, implementasi dan pelaporannya,” ujar Ketua BPKP Mardiasmo dalam acara Anugerah TEPPA 2014 di Jakarta, Senin (24/2).

Menurut Mardiasmo, nantinya akan dialokasikan dana minimal 1 persen dari anggaran kementerian terkait untuk memperkuat peran APIP, sehingga apabila ada masalah di inspektorat jenderal dapat masuk terlebih dahulu supaya dapat mencegah terjadinya penyimpangan.

Pemetaan kondisi anggaran daerah dilakukan supaya diperoleh Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Upaya pemerintah ini dapat melakukan pencegahan penyimpangan anggaran. "Selain itu, upaya pencegahan pelanggaran penggunaana anggaran di daerah melalui forum daerah akan kita optimalkan. BPKP selalu berupaya mencegah penyimpangan," paparnya.

Mardiasmo juga mengatakan terkadang BPKP dimintai bantuan oleh aparat penegak hukum. BPKP memiliki standar operasional prosedur. Untuk semua permintaan tidak langsung dilaksanakan harus dipastikan dahulu penyidik mempunyai  unsur lengkap atau alat buktinya.

"Jika terbukti sudah lengkap, baru BPKP turun membantu penyidikan mengungungkap kerugian negara. Pada saat itu, barangkali akan menemukan penyimpangan yang lebih besar," jelasnya.