Jum09222017

Last update02:01:09 AM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Home BARUGA Olahraga

Bupati Poso Terima Penghargaan dari Menpora

Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilpu menerima penghargaan dari Menteri Pemuda dan Olahraga (menpora) Republik Indoensia, Imam Nahrawi usai pelaksanaan Liga Pelajar Indonesia Usia 14 di Magelang, Jawa Tengah, (9/9/17).

altalt

Penghargaan diterima langsung oleh Bupati Poso didamping oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahrga Kabupaten Poso, Frits Sampurnama, SH di Magelang .

Penghargaan ini diberikan kepada Bupati Poso oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia sebagai pembina penghargaan olahraga berprestasi tahun 2017.

Tahun ini Tim Kesebelasan Liga Pelajar Indonesia Usia 14 (LPI U-14) Kabupaten Poso mewakili Sulawesi Tengah untuk ikut dalam liga pelajar se-indonesia  piala Menpora di Magelang yang finalnya berlangsung pada tanggal 9 September bertepatan pada Hari Olah Raga Nasional (Haornas).

Kabupaten Poso yang mewakili Sulawsei Tengah berada di Grup F, bersama dengan Kalimantan Tengah,  Kalimantan Utara, dan Kalimantan Selatan. Turnamen ini diikuti oleh 34 provinsi dan dibagi dalam 8 grup.

Hasil dari dari grup F, Poso vs Kalteng 1-1, Poso vs Kal. Utara 1-4, dan Poso vs Kalsel 0-1.

Pelepasan Kontingen Festival Anak Shaleh Indonesia (FASI) dan Gate Ball Poso

Ditengah kesibukan Pemerintah Daerah Kabupaten Poso dalam bidang pemerintahan, pelaksanaan pembangunan serta pelayanan social kemasyarakatan memasuki triwulan akhir Tahun Anggaran 2017 untuk segera menyusun Rencana Kerja Anggaran Perubahan (RKAP) Tahun 2017. Hal tersebut disampaikan wabup Poso Ir, Samsuri, M.Si dihadapan peserta apel yang diikuti seluruh OPD lingkup Pemda Poso di Halaman Kantor Bupati, pada Senin, (11/9/17).

altalt


“Dalam penghematan anggaran 2017 setiap OPD harus mampu menerjemahkan anggaran yang telah disesusaikan pagu perubahan yang intinya harus mengutamakan kepentingan masyarakat luas.” Tegas wabup. 
Karena itu, wabup mengharuskan optimalisasi penggunaan anggaran agar tidak terjadi kesimpang siuran dalam pendistribusian pos-pos anggaran yang menjadi agenda prioritas masing-masing OPD.


Melalui ksempatan itu, wabup juga memerintahkan seluruh OPD memasukan RKAP 2017 tersebut untuk segera diverivikasi pada Badan Keuangan dan Aset Daerah secepatnya.


Dalam apel itu juga, pemerintah daerah melepas resmi Kontingen Festival Anak Shaleh Indonesia (FASI) Poso yang mengikuti ajang FASI tingkat nasional di Banjarmasin serta melepas kontingen Gate Ball Poso untuk bertanding di Palu.
Mengakhiri sambutannya wabup juga mengingatkan kesiapan seluruh OPD untuk mensukseskan event TDCC dan Festival Danau Tektonik Poso yang digelar pada bulan November mendatang.

Wabup Lepas Kesebelasan Liga Pelajar Poso Ke magelang

Wakil Bupati Poso Ir, Samsuri, M.Si pada apel bersama lingkungan Pemda Poso di Halaman Kantor Bupati 4/9 melepas kontingen Liga Pelajar Poso untuk selanjutnya akan berlaga di Jawa Tengah bersama 34 keseblasan lainnya dari seluruh Provinsi.

 
Tim Kesebelasan Liga Pelajar Poso yang sebelumnya berhasil menjuarai liga pelajar se-Sulawesi Tengah di Palu menjadi wakil provinsi Sulawesi Tengah yang akan berlaga di Magelang yang finalnya berlangsung pada tanggal 9 September bertepatan pada Hari Olah Raga Nasional (Haornas).


Harapan wabup bersama tim keseblasan Liga Pelajar Poso mampu mengukir prestasi yang membanggakan sehingga dapat mengharumkan nama Poso dikancah nasional khususnya dalam cabang olah raga sepak bola. Karena itu mari kita dukung dan berikan semangat serta dorongan, doa sehingga anak-anak kita dapat berhasil meraih predikat juara di kompetisi Liga Pelajar memperebutkan Piala Menpora, Ujar wabup didepan para kontingen dan peserta apel bersama.

Tawongan Adakan Balap Ketiting

Memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-72 Tahun 2017, Persatuan Balap KONELO Tawongan, Kabupaten Poso, menggelar lomba Balap Ketinting, pada Sabtu (26/8/17). Kegiatan lomba ini diikuti oleh beberapa diantaranya Tim, diantaranya Tawongan Team, Prima Sentosa, Kayu Nyole team.

altalt
Sebanyak 20 Peserta adu kecepatan perahu diperairan teluk Poso-Tawongan. Kurang lebih 1500 meter jarak yang ditempuh para pembalap Ketinting ini untuk sampai ke garis Finish. Selama 10 menit berada dilintasan air, Peserta lomba harus menakhlukkan rintangan, tikungan dan arus laut.


Kegiatan berlangsung pagi hari dibuka secara resmi oleh Bupati Poso yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra M. Ari Pamungkas, SH, MH.
Dalam acara tersebut Bupati Poso turut didampingi oleh Kepala Dinas Kumperindag Kabupaten Poso, Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Poso, Sekretaris Kelurahan Tawongan, Kepala SMP Negeri 3 Poso, Serta undangan lainnya. 


Dilokasi lomba para peserta nampak bersemangat memacu ketinting yang dikemudinya. Sementara warga yang menyaksikan peserta yang memacu ketintingnya terlihat bersorak-sorai memberi semangat. Masing-masing berusaha menyalip peserta lainnya.

Azis (60), warga asal Dusun Kalamalea, Kelurahan Madale mengaku senang menyaksikan lomba balap Ketinting ini. "Lomba balap Ketinting ini jarang diadakan, dalam kurun setahun belum tentu ada, jadi rugi kalo kita te datang manonton" kata Azis yang datang bersama istri dan kedua anaknya.
Bupati Poso dalam sambutan tertulisnya menyatakan apresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada Panitia Pelaksana bahkan seluruh peserta yang turut meramaikan perlombaan, karena merupakan sebagai salah satu wujud kecintaan masyarakat khususnya para nelayan terhadap daerah kabupaten Poso yang memiliki potensi laut dan bahari yang luar biasa, dan harus dijaga bersama karena menjadi ajang tontonan dan hiburan yang menarik bagi seluruh masyarakat Poso yang menyaksikan ketangguhan dan kelincahan para Nelayan dan Para Peserta Lomba dalam menahkodai perahu yang digandeng dengan mesin Katinting.


Diakhir sambutannya Bupati Poso mengharapkan dengan adanya kegiatan Lomba balap Ketinting ini, Seluruh warga masyarakat Poso dapat lebih mencintai, dan menghargai profesi para nelayan serta menjaga Lautan dari segala bentuk pencemaran yang bisa merusak biota dan mahluk hidup yang mencadi mata pencaharian para nelayan.

Sementara Darman Mustapa selaku Ketua Panitia Pelaksana dalam sambutannya mengajak semua elemen bahwa melalui ajang Lomba balap ketinting dalam rangka memeriahkan HUT proklamasi kemerdekaan RI ke 72 Tahun ini untuk kita terus berbenah di segala bidang, mewujudkan nasionalisme, Patriotisme, membangun semangat kegotong royongan, kultur budaya yang kuat untuk mencapai sebuah kedaulatan dan menjunjung tinggi Pancasila.


Darman juga berharap kiranya kegiatan Lomba ini dapat terus dikembangkan sebagai olahraga rekreasi masyarakat Poso yang juga merupakan potensi wisata untuk Kabupaten Poso ke Depan, Karena Kabupaten Poso juga kaya akan Keindahan Alam dan budaya mampu menarik banyak wisatawan domestik maupun mancanegara untuk mengunjungi tempat wisata seperti halnya lomba ketinting ini, jika perlu harus menjadi kegiatan tahunan," katanya.
Perahu Ketinting dalam bahasa masyarakat Poso disebut "Duanga". Duanga adalah jenis perahu kayu yang panjangnya 1 ½ samapai 5 meter. Dilengkapi dengan mesin sebagai roda penggeraknya.
Ketinting sala satu lomba perahu tradisional yang cukup ekstrem . Pengemudi harus berani duduk di ujung perahu membelakangi baling-baling besi bermesin 5 1/2 PK . Diperlukan keterampilan, keberanian dan keahlian khusus, menjinakkan laju kecepatan perahu. semua peserta diwajibkan harus pandai berenang dan mengenakan Pelampung.
Kegiatan lomba hanya mengikutsertakan 1 kelas yaitu kelas Standar. Dipilihnya teluk Poso sebagai Wahana lomba, karena sangat strategis, tidak memiliki ombak besar yang dapat mengakibatkan perahu ketinting terbalik, , serta sesuai standar nasional.

Salah satu peserta lomba, Ajam (37) mengatakan, selain memperkenalkan kelotok atau perahu ketinting pada anaknya, sangat senang dapat ikut berpartisipasi memeriahkan HUT RI yang ke 72.


Dalam kompetisi ini berturut-turut dimenangkan oleh Tawongan 26 sebagai Juara 1, Tawongan 03 Juara 2, Prima Sentosa 29 Juara 3, Tawongan 01 pada posisi ke 4. Peserta yang juaraadalah rata-rata mendapatkan hadiah menarik, dan Piala dari Panitia Pelaksana. Kegiatan lomba ini berlangsung dengan aman, tertib, dan cukup meriah.

 

 

Pembukaan Pekan Olah Raga dan Seni Ke-V PERPAMSI Sulawesi Tengah

  Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si membuka secara resmi kegiatan Pekan Olah Raga dan Seni Ke-V Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (PERPAMSI) Sulawesi Tengah Tahun 2017 yang ditandai dengan pemukulan gong didampingi Forum Koordinasi Pimpinan Daeran, Ketua DPD PERPAMSI Sulteng Arifin Abd. Rahim, S.Sos, disaksikan para Organisasi Perangkat Daerah yang sempat hadir, para Direktur PDAM Se-Sulteng serta para peserta kontingen Porseni PERPAMSI Sulteng, bertempat di Gedung Wanita Poso malam ini rabu 19/4/27.

 Dalam sambutan Bupati Poso yang di bacakan Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.SI menyampaikan agenda DPD PERPAMSI Sulawesi Tengah dengan melaksanakan kegiatan porseni antar PDAM di kabupaten poso sebagai tuan rumah pelaksanaan event ini, merupakan apresiasi dan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan DPD PERPAMSI kepada kabupaten poso dalam pelaksanaan kegiatan pesta olah raga dan seni PERPAMSI Sulteng tahun 2017. Ir. Samsuri, M.Si juga mengatakan kegiatan ini tentunya sangat strategis dan bermakna sebagai ajang silaturahmi antar stakeholder PDAM di Sullteng dan sebagai ajang peningkatan SDM dan prestasi kerja para pegawai PDAM, kebersamaan dan kekompakan yang terjalin antar stakeholder PERPAMSI tentunya akan berdampak pada peningkatan kualitas pelayanan kepada pelanggan PDAM yang dibutuhkan seluruh masyarakat daerah Sulteng terlebih lagi pada para peserta/kontingen pekan olah raga dan seni PERPAMSI Sulteng. Diakhir sambutannya Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si mengharapkan PDAM poso agar menjadi tuan rumah yang baik untuk mensukseskan pelaksanaan kegiatan ini dengan aman, lancar dan sukses sehingga akan memberikan citra positif kedepan kabupaten poso yang cerdas (ceria, elok, rapih, damai, adil dan sejahtera).

 Sementara itu Ketua DPD PERPAMSI Sulteng Arifin Abd. Rahim, S.Sos dalam sambutannya menyampaikan hingga saat ini 10 PDAM yang ada di sulawesi tengah diantaranya PDAM kabupaten poso, dan ada beberapa program pemerintah disektor air minum salah satunya pelaksanaan program hibah air minum kepada pemerintah daerah kabupaten/kota berakhir tahun 2019. Arifin Abd. Rahim menyayangkan jika pemerintah daerah melalui PDAM tidak mengambil program air minum hibah ini merupakan kesempatan yang diberikan oleh pemerintah pusat agar percepatan pengembangan PDAM lebih cepat dan akan tercapai pula program 10 juta sambungan air karena tahun 2017 menangkap peluang ada 5 kabupaten di sulteng salah satunya kabupaten poso dengan nilai hibah kurang lebih 15 milyar rupiah, akan tetapi sangat disayangkan ketidakikutsertaan PDAM poso dikarenakan kekurangan ideal capacity menurut informasi terakhir yang didengar. Diakhir sambutannya Arifin Abd. Rahim mengharapkan agar dari DPD PERPAMSI sulteng kiranya program hibah air minum ini bisa diikuti kembali tahun depan PDAM kabupaten poso khususnya, harus menambah kapasitas yang ada seperti mempercepat operasional sumber air tangkura jika ini bisa beroperasi saya yakin PDAM poso akan bisa menambah cakupan pelayanan dengan jumlah sambungan melebihi PDAM kabupaten donggala saat ini.//ca’/pul

altalt