Sab11182017

Last update02:34:06 AM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Home BARUGA Olahraga

Peserta Tour De Central Celebes Sukses Libas Tanjakan Jalan Pegunungan Poso

Sebanyak 69 pembalap sepeda mengikuti ajang Tour De Central Celebes (TDCC) hari ini (7/11/17) dilepas oleh Bupati Poso, Darmin Agustinus Sigilipu untuk etape ke 2 menuju Kabupaten Parigi Moutong.

alt

Para Pebalap sepeda yang datang dari berbagai negara ini menyelesaikan etape pertama pada Minggu (6/11) di anjungan wisata, Tentena, Kabupaten Poso dari Kabupaten Tojo Una-una dengan jarak tempuh 192 Kilometer.

Tiga pembalap asal indonesia berhasil menjadi juara dalam etape satu, mereka masing-masing adalah Jamal Hibatullah sebagai juara pertama, juara kedua diraih pebalap sepeda Ryan Ariehaan Hilman, dan Hary Fitrianto sebagai juara ketiga.

Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola bersama Bupati Poso, mengaku sangat bahagia dan berterima kasih kepada para pembalap sepeda dunia yang telah berpartisipasi atas keikutsertaannya dalam ajang, TDCC dan sempat menikmati panorama alam di tepi danau poso, Gubernur berharap para pebalap bisa mengabarkan kepada dunia bahwa daerah poso sebagai wilayah yang aman dan damai untuk dikunjungi bagi siapa pun.

Balap sepeda yang baru pertaman kalinya dilaksanakan di sulawesi tengah itu terlaksana atas kerja sama kementerian pariwisata dan ikatan sepeda sport indonesia bersama pemerintah daerah di sulawesi tengah.Menurut pihak panitia, TDCC diikuti oleh 18 negara sebagai peserta, termasuk indonesia.

para pembalap dibagi dalam 15 tim dan akan menempuh tiga etape. mereka menempuh total rute perjalanan lebih dari 480 kilometer.

Lomba Lari Danau Poso 10 Km

Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu , melepas secara resmi para peserta lomba lari danau poso 10 km dengan garis star bertempat di pintu gerbang menuju air terjun saluopa desa wera dan finish di anjungan wisata kota tentena, turut hadir dalam pelepasan sekaligus turut serta ikut lari 10 km Dandim 1307 Poso Letkol. Inf. Dody Triyo Hadi, S.Sos, Danyon 714 Sintuwu Maroso, para camat, lurah se kabupaten poso, para kontingen , TNI/Polri serta siswa-siswi tingkat SD, SMP dan SMA, 06/11/17.
Dalam sambutan Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu mengatakan pelaksanaan kegiatan ini dalam rangka Festival Pesona Danau Tektonik Poso (FPDTP) sekaligus Festival Budaya Daerah (FDB) yang dirangkaikan dengan Tour de Central Celebes (TdCC), hal tersebut merupakan satu agenda dan kegiatan yang sangat bagus sekali.
Darmin Agustinus Sigilipu juga karakan, seluruh peserta yang mengikuti lomba ini untuk memperhatikan keselamatan diri masing - masing agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan.
Sementara para peserta lomba lari 10 km untuk putra juara 1 atas nama Noyeldi, juara 2 atas nama Adeputra dan jusra 3 atas nama Afridandi sementara untuk putri jusra 1 atas nama Nurvita, juara 2 atas nama Marcella dan juara 3 atas nama Asmarani dan juara 4 atas nama Verniati Dangka. //ca’/pul

alt

alt

Poso Siap Sambut Peserta Tour de Central Celebes

Gubernur Sulawesi Tengah, Drs. H. Longki Djanggola, M. Si bersama sejumlah Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah Provinsi Sulawesi Tengah diterima oleh Bupati Poso yang diwakili oleh Plt. Sekretaris Daerah Kab. Poso, Drs.alt Joksan Lakukua bersama Kapolres Poso, AKBP Bogiek Sugiyarto, SH, S.I k di perbatasan Touna - Poso, pada Senin (23/10/17).

Kunjungan Gubernur bersama rombongan ke Kabupaten Poso kali ini dalam rangka Peninjauan Infrastruktur Jalan Poros TDCC Ampana - Poso - Parigi Moutong - Palu.


Setelah menjemput di Perbatasan Touna - Poso, rombongan Gubernur diantar menuju Anjungan Wisata Kota Tentena untuk meninjau kesiapan Finish Etape I Tour de Central Celebes. Selanjutnya Gubernur kembali meninjau persiapan Lokasi Start Semu sekaligus Tempat Pencanangan Hari Bersepeda Nasional yang direncanakan akan dicanangkan oleh Menteri Pemuda & Olahraga : di Lapangan Maroso Poso.

Peninjauan kembali dilanjutkan di depan Poso City Mall sebagai Lokasi Pelepasan Etape ke- II Tour de Central Celebes 2017. Selanjutnya Pemerintah Daerah Kabupaten Poso melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Poso dan sejumlah Pimpinan OPD yang turut mengantarkan Gubernur bersama rombongan di perbatasan Poso - Parimo menyatakan Kabupaten Poso siap menyambut kedatangan Peserta Tour de Central Celebes sekaligus sebagai tempat pelepasan etape ke - II TDCC 2017.

Kejuaraan Terbuka Balap Motor Panggona Bosowa Akai Jaya Prix Seri III 2017

Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu, membuka secara langsung Kejuaraan Terbuka Balap Motor Panggona Seri III dialun-alun lapangan Sintuwu Maroso 21/10/17.
Kejuaraan ini diikuti oleh Racer Terbaik Sulteng, diantaranya Robby Kedip (Toli-Toli), Ilham (Palu), Ubaidillah Haup (Toli-Toli), Ahmad Yani (Parigi), Vandini Aditya (Toli-Toli), Iwan Rahmat (Palu), M. Faisal (Poso), dan Carlos De Melo (Tojo Una-Una). Dengan hadiah yang diperebutkan berupa 1 buah Mobil dan 1 buah Motor.

Hadir dalam acara ini, Kapolres Poso, mewakili Dandim, Kasdim 1307 Poso, Sahir T. Sampeali Fraksi Golkar, Steven Lyanto, Ketua IMI Propinsi Sulteng, Andi Nur B. Lamakarate (Pimpinan Sirkuit Panggona Palu) dan Eko, Manager Sirkuit Panggona serta Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Poso dan beberapa pengurus IMI Sulteng lainnya.
Kejuaraan balap motor seri III kali ini, diikuti pula oleh pembalap-pembalap luar daerah. Seperti pembalap Manado, Palopo, Maluku, Kendari, Masamba dan merupakan jumlah starter terbanyak pada ajang balap motor se Sulawesi Tengah yang pernah diadakan. Serta kehadiran penonton yang banyak menambah keriuhan suasana.
Melalui sambutannya, Bupati Poso menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada panitia pelaksana, khususnya pengurus IMI Propinsi Sulteng dan Poso serta para racer yang antusias sehingga gelaran ini dapat terlaksana.
Penyelanggaraan balap motor yang sudah menjadi agenda lanjut Bupati Poso dan merupakan ajang untuk menguji ketangkasan para racer di sirkuit aspal sehingga dapat disaring para racer yang bisa berbicara baik di tingkat lokal, nasional maupun Internasional nantinya.
Kegiatan ini diharapkan menjadi ajang yang dapat membina jiwa sportifitas tinggi para racer. Bertanding dengan penuh sportifitas serta tak ketinggalan juga, menambah khasanah pengalaman balap. Tentunya hal ini bisa menjadi bekal, dan kepada khalayak ramai agar dalam menyalurkan bakat dan hoby balap, sebaiknya dilakukan pada tempatnya. Mengikuti ajang seperti ini misalnya.
Menutup sambutannya, Bupati Poso mengingatkan agar seluruh pembalap melakukan kegiatan ini dengan penuh tanggungjawab sehingga dapat mengukir prestasi dan membanggakan bagi daerah. //ca'/pulalt

alt

Open Tournament Tinombala Grasstrack

Pembukaan kejuaraan open tournament tinombala grasstrack memperebutkan piala kapolres poso dibuka secara resmi oleh Wakapolres Poso Kompol.Gede Suara, SH bertempat di sirkuit bukit jati ratulene kecamatan poso pesisir., 13/10/17.
Hadir dalam kejuaraan open tournament tinombala grasstrack adalah Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si, Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Tengah dari partai demokrat wiwid dan peserta kejuaraan open tournamet tinombala grasstrack.serta warga masyarakat lainnya.

Acara diawali dengan laporan panitia yang disampaikan oleh Anas mengatakan, bahwa kegiatan ini diselenggarakan oleh poso motor sport dan JJM juan jaya mandiri group club automotif yang terdaftar di pengurus pusat ikatan motor indonesia dan pengprov IMI sulteng dengan tujuan menjadi ajang seleksi para atlit grasstrack untuk dapat bersaing dengan daerah lainnya di tingkat nasional, melatih mental dan rasa percaya diri menyalurkan hoby dan bakat, menciptakan kedisiplinan atlit balap motor serta rasa solidaritas, sportivitas dan mempromosikan poso kota cerdas (ceria, elok, ramah, damai, adil dan sejahtera). Anas juga mengatakan bahwa kejuaraan ini diikuti oleh croser-croser nasional yaitu dari manado, kendari serta malang dan croser-croser lokal poso, morowali dan tojo una-una. Diakhir laporannya Anas menyampaikan, bahwa adapun kelas umum terbuka yang dilombakan adalah kelas bebek modifikasi 4 langkah 110 cc senior, 125 cc senior serta kelas sport dan trail senior sedangkan untuk kelas umum lokal poso, morowali dan touna adalah kelas bebek standart non kategori, kelas bebek modifikasi 2 tak/4 tak non kategori dan kelas FFA non kategoti.

Sementara Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri dalam sambutannya menyampaikan, bahwa ajang open tournament grasstrack tinombala merupakan salah satu wujud sarana penyaluran bakat positif bagi anak-anak muda poso yang hobi dengan balapan grasstrack sehingga menjadi tontonan yang menarik bagi kita semua pencinta motor kros dan grasstrack di kabupaten poso dan sekitarnya. Ir. Samsuri, M.Si juga katakan kegiatan ini membawa dampak yang positif bagi anak-anak poso dan daerah lainnya sehingga dapat melahirkan prestasi yang membanggakan, dan kegiatan ini menjadi ajang silaturahmi antara masyarakat dengan satgas tinombala yang sudah sangat menyatu untuk menjaga keamanan dan ketertiban khususnya di wilayah poso pesisir. Diakhir sambutannya Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si mengharapkan, kepada seluruh peserta lomba grasstrack untuk mengikuti dengan penuh semangat serta jiwa sportivitas yang tinggi untuk meraih kemenangan menjadi juara sehingga dapat mengukir prestasi tingkat kabupaten bahkan tingkat provinsi dan nasional di masa yang akan datang.

Ditempat yang sama Kapolres Poso dalam sambutan tertulisnya dibacakan langsung Wakapolres Kompol. Gede Suara, SH menyampaikan, bahwa tujuan diadakannya kegiatan ini adalah bukan hanya untuk mencari juara ataupun siapa yang menjadi pemenang tapi melainkan untuk memperkuat tali silaturahmi dan persahabatan antara satuan tugas tinombala TNI/Polri polres poso dan masyarakat kabupaten poso. Wakapolres juga mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat dan para peserta jangan jadikan ajang ini sebagai ajang ngebut-ngebutan di jalan raya dalam berkendara, tapi laksanakan kegiatan ini dengan penuh tanggung jawab sesuai dengan peruntukannya.

Dan untuk mengawali kejuaraan open tournament tinombala grasstrack Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si didampingi Wakapolres Poso Kompol. Gede Suara, SH, Anggota DPRD proviinsi sulteng Wiwid, Direktur utama JJM juan jaya mandiri group poso Irwan Tabalu melepas secara langsung peserta grasstrack cilik yang berumur 10 tahun sampai 12 tahun.//ca'/pulaltaltalt