Kam06292017

Last update06:27:24 AM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Home BARUGA

Hari Ulang Tahun Desa Owini yang ke- 4

Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu didampingi oleh Subdanpom dan beberapa kepala OPD menghadiri Hari Ulang Tahun Desa Owini yang ke- 4 diperingati secara sederhana namun penuh rasa syukur dan suka cita, bertempat dilapangan Desa Owini, Kecamatan Pamona Barat. (20/06/17). Hadir dalam acara ini, Camat dan Sekcam Pamona Barat beserta Ketua Penggerak PKK Kecamatan dan Desa Owini, Kapolsek, Danramil Pamona Barat beserta anggotanya, Kepala UPTD Pamona Barat, Kepala Puskesmas Meko dan staf, para Pendeta dari denominasi Gereja, kepala desa se-Kecamatan Pamona Barat, perangkat desa Owini, tokoh Adat dan tokoh Agama serta seluruh warga masyarakat. Rombongan Bupati Poso disambut dengan acara Adat Pamoma dan disuguhi hiburan Tarian Torompio dan Pantomin oleh sisawa SDN Owini. Jumlah Penduduk Desa Owini sebanyak 169 KK dengan jumlah jiwa sebanyak 639. Sebagian besar mata pencaharian masyarakat Desa Owini adalah sebagai Petani, PNS sebanyak 16 orang dan 1 orang Pensiunan ABRI dan 3 orang Pensiunan Guru.

Lewat sambutannya, Kepala Desa Owini Adrianus Tologugu mewakili seluruh masyarakat mengucapkan terima kasih kepada Bupati Poso yang telah meluangkan waktu untuk hadir pada acara HUT Desa Owini sekaligus meletakkan batu pertama pembangunan Gedung Serbaguna, yang disamping sebagai tempat berkumpulnya masyarakat (Balai Desa) juga dapat digunakan untuk hal lainnya teristimewa bagi kemaslahatan masyarakat. “Owini” berasal dari kata, O dgn wini.. “O” brarti jauh dan “wini” berarti rok panjang jadi diartikan sebagai tempat mencuci rok panjang yang jauh. Acara dimulai dengan Ibadah dan Bupati Poso menyempatkan untuk menyampaikan kesaksian lewat Pujian dan memberikan bantuan kepada seorang masyarakat yang mengalami cacat.

Dalam sambutannya Bupati Poso menyampaikan terima kasih atas sambutan yang diberikan oleh masyarakat dan mengapresiasi rencana pembangunan gedung serbaguna, Pemerintah Kabupaten Poso menggiatkan Pembangunan yang dimulai dari desa. Karena pada dasarnya desa merupakan pondasi daerah yang harus dikuatkan dengan pembangunan yang merupakan kebutuhan masyarakat untuk meningkatkan taraf hidup. Sumber daya alam yang dimiliki desa harus dikelola secara maksimal agar dapat menunjang pertumbuhan Desa, Kecamatan, Kabupaten bahkan Propinsi. Hal ini akan terwujud, jika kita semua bergandeng tangan se-ia sekata dalam melakukan segala pekerjaan kita secara sungguh-sungguh, karena saling membutuhkan sehingga kita akan tetap dan selalu bekerja sama. Sebelum mengakhiri sambutannya, Bupati Poso Memberikan kesempatan kepada kepala-kepala OPD yang terkait untuk menjawab pertanyaan terkait kebutuhan masyarakat. Kadis P&K, mengatakan bahwa Tenaga Pendidik di desa Owini, harus di tingkatkan baik kualitas maupun ditambah jumlahnya sehingga dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan baik. Jumlah siswa SD 85 orang dengan 6 rombel (rombongan belajar), yang seharusnya berjumlah 9. Renovasi 6 Kelas ditambah 1 Kelas serta ruanga Perpustakaan akan dimulai tahun 2018 dan ketersediaan buku referensi tahun ini akan mulai didistribusikan. Kadis Pertanian menjawab permasalahan masyarakat terhadap kebutuhan air untuk irigasi, akan dibangun saluran air yang akan menghubungkan mulai dari sumber air ke petak sawah masyarakat dan terhadap tanaman cacao telah dilakukan komunikasi dengan dua perusahaan yang menangani masalah tanaman cacao dan akan segera ditindaklanjuti. Kadis Perlindungan anak dan KB lebih menitikberatkan pada slogan dua anak cukup, dengan asumsi bahwa masyarakat Indonesia secara rata-rata hanya mampu membiayai dua anak sampai ke jenjang Pendidikan Tinggi, menjaga Kesehatan Reproduksi diantaranya jangan menikah di usia muda, jangan melahirkan diatas usia 35 Tahun dan usahakan jarak 3-5 Tahun terhadap kelahiran anak pertama dan kedua. Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil mengharapkan data kependudukan supaya diperhatikan karena untuk mengurus segala hal dibutuhkan data penduduk serta jika di Kecamatan mengalami masalah dalam Perekaman data agar segera melaporkan untuk mendapatkan solusi. Sekretaris Dinas Kesehatan menghimbau kepada masyarakat untuk membuat surat keterangan kependudukan agar bisa memperoleh Kartu Indonesia Sehat (KIS) sehingga bisa digunakan untuk mendapatkan pelayanan Kesehatan. Masyarakat antusias mendengar pernyataan tersebut dan berharap segera terealisasi sesuai rencana. //ca’/pul

altalt

Operasi Ramadniya Tinombala

Poso – Operasi Ramadniya Tinombala - 2017 Kabupaten Poso mulai digelar hari Senin, (19/6/17). Operasi Ramadniya dilakukan dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri 2017. Operasi ini pun untuk mengantisipasi berbagai tingkat kerawanan yang mungkin terjadi selama lebaran, dari mulai ancaman terorisme hingga kecelakaan lalu lintas. Bertempat di halaman Kantor Polres Poso, Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu menjadi inspektur pada upacara Apel Gelar Pasukan tadi pagi.

Bupati Poso Darmin Sigilipu membacakan sambutan Kapolri Jenderal Tito Karnavian yang antara lain menjelaskan pentingnya apel gelar pasukan dilakukan untuk mengecek sejauh mana kesiapan pasukan jelang dan sesudah  Idul Fitri. Menurut Kapolri, ada beberapa hal yang harus diperhatikan anggota Polri yang tergabung dalam pengamanan yakni mengantisipasi kemungkinan gangguan keamanan, memantau secara aktif pergerakan arus mudik orang dan barang hingga lebaran serta menyiapkan pos pengamanan di beberapa titik yang dianggap rawan.Bupati mengakhiri sambutan dengan menegaskan secara khusus untuk wilayah Poso, agar para aparat gabungan yang terkait bisa memaksimalkan pengamanan untuk mengatasi aksi pencurian di rumah-rumah warga yang sedang mudik. "Jangan sampai mengalami kecurian rumah warga yang sedang mudik," tuturnya.

Apel gelar pasukan ini juga dihadiri Kapolres Poso AKBP Bogiek Sugiarto, Ka Ops Tinombala Kombes Pol Drs Badrus, Dandim 1307 Poso Letkol Inf. Dody Triyo Hadi, Kepala Kejaksaan Negeri Poso Nurtamam, SH dan Ketua Pengadilan Poso, Dan SubDen Pom 1322 Poso I gusti Nyoman Darmayasa, Kadis Perhubungan Octo Lebang, Sekretaris Satuan Pol-PP dan Damkar Kab.Poso, FKUB Kab.Poso, Jasa Raharja, dan Senkom Poso. //ca’/pul

altalt



Lore Timur Menutup Safari Ramadhan Pemda Poso

Wakil Bupati Poso Ir. samsuri, M.Si menutup secara resmi kegiatan Safari Ramadhan Pemda Kab. Poso Tahun 1438 Hijriah / 2017 Masehi bertempat di Masjid Jabal Abd. Aziz Maholo kecamatan lore timur, 16/06/17. Sebelumnya, Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si telah mendahului tim safari ramadhan, dalam rangka untuk mengunjungi beberapa desa sekaligus melihat langsung masyarakat korban gempa bumi yang terjadi tanggal 29 mei 2017 yang berkekuatan 6,6 skala riter mengguncang kecamatan lore utara yang lalu. Hadir dalam kegiatan Safari Ramadhan tersebut, Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Setdakab Poso M. Ari Pamungkas, SH, MH, para pejabat terkait lainnya dilingkungan pemerintah daerah kabupaten poso, Camat bersama Unsur Tripika Kecamatan Lore Timur dan lore Utara, Wadan Sektor Tinombala bersama anggota, Tokoh Agama, Tokoh Masyaraka, dan undangan lainnya.

Dalam sambutan Ir. Samsuri, M.Si memberikan sedikit arahan kepada warga masyarakat agar senantiasa tabah dan sabar menerima kenyataan sebab semua ini merupakan fenomena alam yang terjadi tanpa disangka-sangka atau diprediksi begitu saja oleh manusia, ini semua merupakan ujian dan cobaan kepada kita hamba-hamba-Nya, perbanyak berdoa, menaruh kebaikan dan beribadah sesuai dengan keyakinan kita masing-masing dan berserah diri kepada Allah SWT, kepada masyarakat baik TNI/Polri agar bekerja sama dalam melaksanakan pembangunan sehingga kelak daerah kita ini aman, damai adil dan sejahtera kita bangun kebersamaan walaupun berbeda suku, agama dan ras. lanjut, Wakil Bupati Poso juga menyampaikan permohonan maaf kepada pemerintah setempat dan warga masyarakat yang ada, sekiranya tim safari ramadhan dilaksanakan di lore sesuai agenda minggu pertama bulan juni akan tetapi baru sempat dilaksanakan sekaligus penutupan safari ramadhan yang rencana sebelumnya di tutup di pamona puselemba, ini dikarenakan situasi kondisi yang terjadi diwilayah lore sehingga tim safari ramadhan saat ini yang ikut terbatas akan tetapi semua ini tidak mengurangi nilai ibadah kita dalam bulan suci ramadhan Insya Allah.

Diakhir sambutannya Wakil Bupati Poso ir. Samsuri, M.Si juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada camat dan unsur tripika kecamatan lore timut serta masyarakat setempat yang telah menerima kedatangan kami rombongan tim safari ramadhan untuk bersama-sama berbuka puasa dengan masyarakat desa maholo.

Sementara Camat Lore Timur Jeri K.S Gembu, SSTP dalam arahannya menyampaikan selamat datang kepada Wakil Bupati Poso selaku Ketua Tim Safari ramadhan bersama rombongan yang sudah sempat hadir, ini merupakan kesyukuran bagi kami dan warga masyarakat desa maholo dan tak lupa ucapan terima kasih kepada bapak dan ibu-ibu desa maholo yang sudah bekerja sama menyiapkan suguhan buka puasa dan makan malam bersama.

Sebelum sholat magrib berjama'ah wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.SI menyerahkan secara langsung bantuan bingkisan kepada pemerintah kecamatan lore utara dalam hal ini diterima oleh kapolsek lore utara mulyadi, bantuan ini nantinya diserahkan ke posko induk kepenanggulangan bencana di desa wuasa kecamatan lore utara. Usai melaksanakan sholat magrib berjama'ah rombongan safari ramadhan bersama undangan lainnya dan seluruh warga masyarakat desa maholo makan bersama dilanjutkan sholat isya dan sebelum sholat taraweh Wakil Bupati Poso Ir Samsuri, M.Si kembali menyerahkan bingkisan dan cendera mata dari Badan Amil Zakat Daerah Kabupaten Poso, tim penggerak PKK kabupaten poso serta bingkisan secara pribadi dan keluarga kepada imam masjid jabal abdul aziz desa maholo kecamatan lore timur.//ca’/pul

altalt

Buka Puasa Bersama Lintas Komunitas

Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si menghadiri buka puasa bersama Lintas Komunitas bertempat di cafe prapatan, Kamis (15/06/17). Dihadiri oleh camat poso kota utara Efendi Safi'i, anggota DPRD kabupaten poso Syarifudin Odjobolo, KBO Binmas Polres Poso Risdiyanto, Darwis Waru selaku ketua panitia, para anak yatim dari dua komunitas yaitu panti asuhan Nyai Dahlan kelurahan lawanga dan panti asuhan sosial Bina Tunas Harapan desa pinedapa serta undangan lainnya.

Sebelum buka puasa bersama, Wakil Bupati Poso dalam arahannya menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada panitia pelaksana Lintas Komunitas yang telah melaksanakan buka puasa bersama, ini merupakan momen yang baik dalam bulan suci Ramadhan dimana dapat memberikan inspirasi tentang pentingnya hidup dalam kebersamaan dan kemajemukan yang akan menumbuhkan solidaritas yang tinggi antar sesama. Ir. Samsuri, M.Si juga menyampaikan kita harus tetap memperkuat hubungan antar sesama pemeluk agama lain apalagi dalam kegiatan buka puasa kali ini luar biasa karna dapat menyatukan Lintas Komunitas yang berbeda dan keutuhan tetap dibangun serta dijaga bersama dalam bingkai sintuwu maroso yang kita cintai untuk mewujudkan kabupaten poso yang cerdas (ceria, elok, ramah, damai, adil dan sejahtera).

Sebelum buka puasa bersama Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si menyerahkan bingkisan untuk anak yatim dari dua komunitas yaitu panti asuhan Nyai Dahlan kelurahan lawanga kecamatan poso kota utara dan panti asuhan sosial Bina Tunas Harapan desa Pinedapa kecamatan poso pesisir didampingi Anggota DPRD kabupaten poso Syarifudin Odjobolo, Darwis Waru selaku panitia pelaksana dan darma penyami. //ca’/pul

alt

Sidang Klasis Sulawesi Tengah Timur

Bupati Poso menghadiri dan membuka secara langsung Persidangan V Klasis Sulawesi Tengah Timur, dengan mengambil tema : Berakar didalam Kristus, Berbuah Banyak didalam dunia (Kolose 2:7; Yohanes 15:18). Penghimpun: Jemaat Sion Barati yang dirangkaikan dengan Ulang Tahun Gereja Toraja yang ke-70, pada Senin (13/617) di Desa Barati.


Bupati Poso didampingi beberapa Kepala OPD dan disambut dengan Tarian Bagellu' yang bermakna penyambutan kepada tamu agung. Sembari menikmati tarian, Bupati juga diundang untuk ikut menari.  Persidangan V Gereja Toraja direncanakan berlangsung dari tanggal 13 - 15 Juni 2017 diikuti sejumlah 157 orang yang berasal dari 14 Jemaat, 12 Cabang Kebaktian, 4 Tempat Kebaktian dan 1 Pos Pelayanan di Lingkungan Klasis Sulawesi Timur. Kebutuhan biaya ditaksir sejumlah Rp. 79.270.000,- yang berasal dari usaha panitia dan Pertisipasi Jemaat.


Panitian melakukan lelang lagu demi mendukung pembangunan Gedung Gereja Sion Barati yang masih dalam proses penyelesaian. Bupati Poso, spontanitas ikut menyumbangkan lagu sehingga bukan hanya semata memberikan sumbangan, tetapi ikut berpartisipasi melelang lagu yang dinyanyikan sehingga menambah jumlah lelang saat itu. Sebelum membuka kegiatan, Bupati Poso memberikan sambutan yang menekankan pada pentingnya rasa toleransi kepada siapa saja tanpa memandang Agama, Suku maupun Budaya yang berbeda. Hal tersebut akan mematri jiwa keBangsaan dan Cinta kepada NKRI. Menanamkan dan membiasakan diri untuk bergaul dengan mengedepankan etika sehingga akan meminimalisir ketersinggungan orang lain, dengan demikian rasa kebersamaan akan tetap tumbuh dan mengakar kuat.

Saling mengasihi dan menghormati sebagai sesama Anak Bangsa. Era Digitalisasi saat ini memudahkan kita untuk berpendapat dan secara langsung dapat memberikan kritik, namun terkadang kebebasan yang ada tidak dibarengi dengan pendalaman Etika sehingga sangat merugikan bagi orang lain. Ada UU ITE yang dapat menjerat Oknum jika menggunakan media sosial tidak secara bijaksana, sehingga harus menjadi pembelajaran bahwa Kebebasan Berpendapat tidak seharusnya mencederai pihak lain, karena kritik yang baik seharusnya berupa saran bukan hinaan apalagi provokasi yang akan lebih memperuncing keadaan. diakhiri dengan pemukulan gong sebagai tanda dimulainya Persidangan V Klasis Sulawesi Tengah Timur serta penyematan secara simbolis tanda peserta Rapat.


Acara ini juga di hadiri oleh Camat Pamona Tenggara, KAPOLSEK Pamona Selatan, Kepala Desa Barati dan perangkat desa, BABINSA dan BABINKAMTIBMAS Desa Barati, Ketua Adat Desa Barati, BPS Gereja Toraja, BPSW VI Sulawesi Tengah-Sulawesi Barat, BPK dan BVK Sulawesi Tengah Timur, Pengurus OIG Tingkat Klasis Sulawesi Tengah Timur, Gembala Jemaat dari Denominasi Gereja di Desa Barati, Kepala Sekolah dan Dewan Guru yang ada di Desa Barati, wartawan cetak maupun elektronik, para undangan serta masyarakat.